A. Pesawat Beechcraft 1900D dengan Engine Turboprop PT6A-67D
Beechcraft
1900 adalah sebuah pesawat 19-penumpang bersayap tetap, dengan kabin bertekanan
dan bermesin turboprop yang dibangun oleh Divisi Beechcraft dari Raytheon
Company (sekarang Hawker Beechcraft). Pesawat bermesin turboprop ini dirancang,
dan umumnya dipakai sebagai pesawat penumpang regional. Pesawat ini juga
digunakan sebagai pesawat kargo, transportasi korporat, dan oleh Militer
Amerika Serikat dan negara lainnya.
![]() |
| Pesawat Beechcraft 1900D |
Pesawat
ini dirancang untuk mengangkut penumpang dalam segala cuaca dari bandar udara
yang memiliki landasan pacu relatif pendek. Pesawat ini mamapu diterbangkan
hingga jarak 600 mile (970 km), meskipun hanya sedikit operator yang
menggunakan jarak tempuh maksimalnya. Dalam hal jumlah pesawat yang dibangun
dan operasinya yang masih terus berlangsung, pesawat ini merupakan salah satu
pesawat 19-penumpang paling populer di sejarah.
B. Tenaga Pendorong
1900
ditenagai dengan dua mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PT6A. 1900 dan
1900C menggunakan dua mesin PT6A-65B, di mana masing masing dapat menghasilkan
tenaga 1.100 shaft tenaga kuda. 1900D menggunakan dua mesin PT6A-67D, masing
masing dapat menghasilkan tenaga 1.279 shaft tenaga kuda.
![]() |
| Engine PT6A-67D |
C. General
Turboprop Engine Operation
PT6 adalah mesin turbin
ringan yang menggerakkan propeller melalui dua tahap reduction gearbox. Dua rakitan
putar utama menyusun jantung dari mesin. Yang pertama adalah compressor dan
compressor turbine (compressor section) dan yang kedua two
power turbines dan power turbine shaft (power section).
![]() |
| Free Turbine Engine |
Dua
rotor tersebut tidak terhubung dan berputar pada kecepatan yang berbeda dan
dalam arah yang berlawanan. Desain ini disebut sebagai "Free Turbine
Engine" dan memiliki beberapa kelebihan tertentu:
-
Lower
Starter cranking torque;
-
Modular
design concept;
-
On-wing
maintenance (Hot Section Inspection)
Compressor
menarik udara ke dalam mesin melalui annular plenum chamber (inlet case),
tekanan udara meningkat pada 3 atau 4 axial stages dan satu centrifugal stage dan
kemudian diarahkan ke combustion chamber.
Udara
masuk ruang pembakaran melalui lubang-lubang kecil. Pada compressor speer yang benar,
bahan bakar diarahkan ke dalam combustion chamber melalui 14 fuel nozzles. Dua spark igniters yang
terletak di combustion chamber menyalakan campuran tersebut. Gas panas yang
dihasilkan oleh pembakaran diarahkan ke turbine area. Pada titik ini, ignition
dimatikan karena di combustion chamber
telah terdapat api yang menyala terus menerus.
![]() |
| Engine PT6A-67D |
Gas
panas yang meluas dipercepat melalui compressor turbine vane ring dan
menyebabkan compressor turbine untuk berputar (yang memutar compressor
(approx.. 39.000 rpm)). Gas yang meluas berjalan melintasi tahal 1 & 2
power turbines yang menyediakan rotasi energi untuk menggerakkan propeller
shaft. Reduction gearbox mengurangi kecepatan power turbine (30.000 rpm
approx.) ke salah satu yang cocok untuk propeller operation (1700/2000 rpm).
Gas-gas
yang meninggalkan power turbines dibuang ke atmosfer oleh exhaust duct. Engine
shutdown dilakukan dengan mematikan bahan bakar ke combustion chamber. Tangki
minyak integral yang terletak di rear section dari inlet menyediakan minyak
untuk bearings dan berbagai sistem lain.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar